ASN Milenial Kementan BERAKHLAK, Bangga Melayani Bangsa

Lembang, beritatani.com – Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian kembali menggelar acara Tani On Stage (TOS) kali ini dengan tema “ASN Milenial Kementan BERAKHLAK Bangga Melayani Bangsa” disiarkan langsung dari Balitsa Lembang, Jawa Barat (12/10).

Acara yang berkolaborasi dengan Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian ini merupakan rangkaian acara Protani yang bertujuan untuk mewujudkan modalitas utama dengan membangun SDM pertanian yang BERAKHLAK dalam upaya menghasilkan kebijakan, inovasi teknologi dan pelayanan pertanian, penyediaan prasarana dan sarana pertanian yang modern dan tepat guna dan berhasil guna bagi petani.

Heni Nugraha, Auditor Investigasi Itjentan saat mengisi acara menyampaikan, kegiatan ini sejalan dengan peluncuran Core Values “BERAKHLAK” dan Employer Branding “#Bangga Melayani Bangsa” yang resmi diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo. Peluncuran Core Values ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar (core values) bagi seluruh ASN di Indonesia.

“Harapannya ini bisa menjadi fondasi perubahan pola pikir (Mind Set) dan budaya kerja (Culture Set) ASN yang profesional dan berintegritas” ujarnya.

Core values “BERAKHLAK” itu sendiri bermakna Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Diharapkan nilai ini dapat diaktualisasikan dalam melaksanakan program atau kegiatan utama dan layanan pertanian.

Sementara itu, Zulkifli, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian menyampaikan bahwa pencapaian visium Indonesia menjadi lumbung pangan dunia 2045 akan menjadi tanggungjawab mulia para Aparatur Sipil Negara Kementerian Pertanian (ASN Kementan) yang sekarang ini masih berusia milenial. “ASN Milenial Kementan mempunyai peran yang strategis untuk berperan aktif dan berkontribusi nyata dalam mewujudkan visium tersebut. Merekalah yang akan memegang estafet kepemimpinan di Kementan dalam mewujudkan visium tersebut” ujar Zulkifli.

Idha Widi Arsanti, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Badan PPSDMP menyampaikan, ASN milenial harus bisa berdampak bagi perubahan kehidupan petani dan peningkatan produktifitas pertanian.

“Bimbingan Teknis dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas para ASN terus kami lakukan” ujarnya. Kami di pusat pendidikan terus melakukan sosialisasi agar core value BERAKHLAK ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari para ASN.

“Perlunya menyiapkan mental dan karakter serta profesionalisme dan integritas para ASN milenial Kementan sedini mungkin melalui upaya-upaya pre-emptif dan preventif  melalui pembinaan secara berkelanjutan untuk menginternalisasi nilai-nilai tersebut. Harapannya, para ASN dapat terus mengembangkan kemampuannya dalam berinovasi dan adaptif di era global.