Ratusan ekor Burung Hasil Penahanan Karantina Pertanian Lampung Dilepasliarkan

Ratusan ekor Burung Hasil Penahanan Karantina Pertanian Lampung Dilepasliarkan

Bandar Lampung, beritatani.com – Sebanyak 992 ekor burung yang merupakan hasil penahanan Karantina Pertanian Lampung, dilepasliarkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Bengkulu di Bandar Lampung ke habitat aslinya, Sabtu (20/06). Burung-burung tersebut telah diserahterimakan. Pelepasliaran dilakukan di kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Rajabasa.

Kasi Pengawasan dan Penindakan Karantina Pertanian Lampung, Karman, menyebutkan bahwa burung yang dilepasliarkan tersebut terdiri dari 5 jenis. Diantaranya gelatik wingko 174 ekor, jalak kebo 243 ekor, ciblek 456 ekor, prenjak 80 ekor dan burung madu 39 ekor sehingga totalnya 992 ekor.

Baca Juga: Kemandirian Pakan Penting di Tengah Pandemi Covid-19

Baca Juga: Menteri Pertanian Kunjungi Pengembangbiakan Sapi Lokal di Kota Metro

“Ratusan ekor burung ini merupakan hasil penahanan yang dilakukan oleh Karantina Pertanian Lampung pada hari Kamis (18/06) lalu, saat Pejabat Karantina Wilker Pelabuhan Bakauheni mencurigai minibus travel yang diduga membawa satwa liar yang akan menuju Pulau Jawa. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata benar adanya ditemukan ratusan ekor burung tidak dilengkapi dokumen yang dipersyaratkan,” ungkap Karman.

Karman juga menjelaskan, ini merupakan hasil sinergisitas Karantina Pertanian Lampung bersama Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni dan BKSDA Lampung dalam upaya pelestarian sumber daya alam hayati hewani negeri kita. “Sebelum diserahkan yang kemudian dilepasliarkan ke habitat aslinya, burung- burung ini telah dilakukan pengujian rappid test untuk penyakit Avian Influenza dan dinyatakan negatif terhadap penyakit tersebut,” tegasnya.

Baca Juga: Kawal Ekspor Kelapa Sawit, Gubernur Papua Barat Gelontorkan Sejumlah Program Bagi Petani

Baca Juga: Petani dan Penyuluh Manokwari Terima Apresiasi dari Gubernur Papua Barat

 

Privacy Preference Center

%d bloggers like this: