Dampak Pandemi Covid-19: SOS SATWA KEBUN BINATANG

Dampak Pandemi Covid-19: SOS SATWA KEBUN BINATANG

M.Chairul Arifin
Purnabakti, Kepala Bagian Perencanaan Ditjen Peternakan 1996-2005

Tiada makhluk yg merayap dibumi, tiada burung yg terbang dg sayap²nya, melainkan mereka adalah umat-umat yg serupa dg kamu. Kami tidak mengalpakan sesuatu dalam bentuk air, kemudian Pemelihara mereka, mereka akan dikumpulkan (Surah 6:38)

Ramai diberitakan di media sosial tentang ancaman kelaparan satwa penghuni Kebon Binatang di berbagai belahan dunia. Derasnya arus pandemi virus Korona baru SARS-Covid 19 ternyata berdampak terhadap kehidupan satwa penghuni Kebun Binatang (KB)yang luput dari pengamatan kita. Kita nampaknya terlalu fokus kepada aspek kedaruratan manusia dan melupakan sifat kedaruratan “kerabat” dekat kita sendiri para penghuni KB.

Baca Juga: Satu-Satunya Putra Asli Papua Dari Pedalaman Arfak Yang Menjadi Petani Dan Berhasil Dikampung Sembab Distrik Masni

Baca Juga: Program Kostratani, Pacu Geliat Petani, Penyuluh, dan Generasi Tani Milenial Percepatan Menanam

Dampak dari penutupan KB akibat diperlakukannya PSBB mengakibatkan sepinya pengunjung KB yg selama ini berfungsi sebagai pusat rekreasi, edukasi dan konservasi satwa langka dan endemik . KB bagi publik merupakan sarana pelepas lelah yg terjangkau terutama kelas menengah ke bawah di masyarakat perkotaan. Setiap tahunnya terutama di musim liburan sekolah selalu terlihat rombongan besar keluarga ² mendatangi KB untuk rekreasi sekaligus edukasi rasa cinta kepada alam (tadabbur alam) dan lingkungan ekosistem

Kini pemandangan seperti itu tak ada lagi karena pandemi Covid 19 . Berbagai KB di dunia dilarang menerima pengunjung. Di Indonesia KB yang jumlahnya 60 dengan jumlah pengunjung rata rata 50 juta setiap tahunnya demikian juga.

Baca Juga: Kementan Ajak Pemda Perkuat Pengawasan Produk Hewan di Pasaran Pasca Peredaran Daging Ilegal

Baca Juga: Program Vokasi UNRAM PDD Bima, (Persiapan Politeknik Negeri Bima) Kunjungi Sekolah dan Pemdes-2020

Halaman Berikutnya…

 

Privacy Preference Center

%d bloggers like this: