Dorong Regenerasi Petani di Papua, Billy Mambrasar Motivasi Mahasiswa Polbangtan Manokwari

Dorong Regenerasi Petani di Papua, Billy Mambrasar Motivasi Mahasiswa Polbangtan Manokwari

MANOKWARI, beritatani.com – Untuk meningkatkan komitmen dalam mewujudkan regenerasi petani, khususnya di wilayah Papua dan Papua Barat, Kementerian Pertanian menggandeng staf khusus Presiden Billy Mambrasar. Diharapkan, Billy bisa memberi motivasi untuk mempercepat proses regenerasi petani, khususnya di Papua.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, hal tersebut merupakan wujud komitmen Presiden Joko Widodo.

“Khususnya untuk mendorong ketahanan pangan melalui peningkatan kapasitas para pemuda Indonesia,” ujarnya.

Merespon hal tersebut, Kepala Badan Punyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, berharap petani milenial mampu merefleksikan semangat kebangkitan dan kejayaan Negara agraris.

“Keterlibatan para milenial ini kita harapkan bisa menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia,” kataya.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pengusaha petani milenial yang menjadi salah satu program utama kementerian pertanian serta penyelenggaraan Tri dharma perguruan tinggi yang bermutu, Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari mengadakan kuliah umum dengan menghadirkan Billy Mambrasar sebagai pembicara.

Billy memberikan motivasi kepada mahasiswa yang hadir secara langsung di Aula Polbangtan Manokwari maupun yang ikut secara online.

Billy menyampaikan bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang paling penting.

“Sebab, pertanian paling banyak menyerap lapangan pekerjaan oleh karena itu kita perlu terus memajukan pertanian Indonesia,” ajaknya.

Menurutnya, lulusan Polbangtan harus bertanggung jawab untuk sektor pertanian.

“Jangan malu untuk menjadi pelaku usaha pertanian karena pertanian itu keren,” tuturnya.

Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Susan Carolina Labatar, mengucapkan terima kasih kepada Billy Mambrasar yang bersedia hadir dan memberikan ilmu dan motivasi kepada mahasiwa Polbangtan Manokwari disela-sela agenda yang padat.

“Melalui hal tersebut dapat membangun semangat keinginan mahasiswa untuk menjadi petani-petani muda yang dapat menjadi pelaku wirausaha nantinya,” ungkapnya.