Hari Zoonosis Sedunia, Kementan Adakan Kegiatan Sosialisasi Digital

Jakarta, beritatani.com – Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), Kementerian Pertanian RI (Kementan) bekerjasama dengan FAO dan USAID menyelenggarakan berbagai macam kegiatan sosialisasi edukasi soal zoonosis lewat platform digital. Hal ini digelar sekaligus untuk memperingati Hari Zoonosis Sedunia yang jatuh setiap 6 Juli.

Hari Zoonosis Sedunia diperingati untuk memberikan penghargaan kepada ilmuwan Louis Pasteur yang sukses melakukan vaksinasi pertama penyakit rabies di Prancis pada anak yang digigit oleh anjing terinfeksi virus rabies di tanggal 6 Juli 1885.

Kegiatan memperingati Hari Zoonosis Sedunia ini didukung juga oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kementerian Kesehatan dan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kegiatan dimulai sejak tanggal 1 Juli 2020 hingga 11 Juli 2020.

Baca Juga: UPT Pendidikan Kementan Perkuat Kerja Sama dengan DUDI

Baca Juga: Manfaatkan Sistem Edukasi 4.0. Polbangtan Manokwari Luluskan Generasi Tani Milenial Lewat Ujian Virtual

“Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan berupa penayangan infografis, live instagram, pengiriman whatsapp blast dan webinar, dengan mengangkat tema Melindungi Kesehatan Hewan untuk Menjaga Kesehatan Manusia,” ujar Dirjen PKH Kementan, I Ketut Diarmita.

Dijelaskan Ketut, penayangan infografis tentang zoonosis sendiri mulai dilakukan sejak tanggal 1 Juli hingga 10 Juli 2020 melalui media sosial (facebook, instagram, twitter). Pemberian informasi tentang zoonosis ini akan dilakukan bertahap dan berkelanjutan, agar masyarakat lebih memahami akan pentingnya kewaspadaan terhadap bahaya dan potensi penularan zoonosis bagi kesehatan hewan, manusia dan lingkungan.

Pada tanggal 6 dan 10 Juli 2020 diadakan kegiatan live instagram, yang akan memberikan pemahaman mengenai sejarah Hari Zoonosis Sedunia, pengertian zoonosis, dan potensi zoonosis yang ada di sekitar manusia, serta mempromosikan kegiatan Webinar nantinya.

“Sedangkan whatsapp blast disebarkan ke grup whatsapp pada tanggal 6 Juli 2020. Informasi yang disampaikan terkait edukasi zoonosis sesuai dengan infografis yang ditayangkan melalui media sosial,” paparnya.

Puncak acara kegiatan memperingati Hari Zoonosis Sedunia ini dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2020 nanti dengan penyelenggaraan webinar melalui zoom yang juga tersambung ke channel youtube. Webinar rencananya akan dilakukan dalam dua sesi.

“Sesi pertama membahas tentang Makanan Sehat Bebas Bahaya Zoonosis, sedangkan pada sesi kedua akan membahas tentang Potensi Zoonosis pada Hewan Peliharaan,” tutup Ketut.

Diketahui, webinar ini akan diselenggarakan dalam bentuk bincang santai dengan beberapa narasumber, seperti dosen FKH IPB dan Komisi Ahli Keswan, Kesmavet, dan Karantina Hewan Kementerian Pertanian, Dr. Drh. Denny Widaya Lukman, MSi.

Baca Juga: Produksi Ternak Vokasi Uji Kualitas Pakan Industi

Baca Juga: Pengukuran Laju Pertumbuhan Kerbau untuk Mendukung Sikomandan

Halaman Berikutnya…

 

Privacy Preference Center