Kembangkan Riset Ilmiah, Polbangtan Kementan Raih Akreditasi SINTA 3

MANOKWARI, beritatani.com – Menutup akhir tahun 2021, salah satu pendidikan vokasi di bawah Kementerian Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, meraih hasil akreditasi SINTA 3 untuk akreditasi jurnal ilmiah periode 1 Tahun 2021.

Hal ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Hal ini merupakan capain kinerja yang mampu memacu semangat para dosen dan peneliti untuk lebih memperbanyak riset dan menjadi refrensi dalam meningkatkan swasembada pangan.

Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong perguruan tinggi untuk memperbanyak melakukan riset demi meningkatkan produktivitas pangan dalam rangka mengantisipasi krisis pangan

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan riset dan teknologi merupakan hal sangat penting dan kontribusi yang kuat untuk menghadirkan pertanian maju mandiri dan modern.

“Hal ini tentunya akan mampu menghasilkan pangan berkualitas,” katanya

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan pihaknya berupaya mewujudkan dengan beberapa program strategis, salah satunya melalui pendidikan vokasi.

”Pendidikan vokasi pertanian selain ditujukan untuk mencetak generasi pertanian milenial yang berkualitas, juga memperkuat kualitas tenaga pendidik, melalui penelitian strategis yang difokuskan pada diversifikasi pangan,” ujar Dedi.

Jurnal Triton adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Bidang Publikasi dan Penyebarluasan Informasi merupakan bidang dibawah Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Polbangtan Manokwari dan sudah ada sejak tahun 2006 bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian dan review orisinal seperti pertanian, peternakan dan perkebunan.

Topik penelitian yang diliputi dalam jurnal ini adalah bidang pertanian seperti penyuluhan, sosial ekonomi, kebijakan, budidaya, kultur jaringan, bioteknologi, hewan (kesehatan, produksi, nutrisi, kesejahteraan, perilaku, reproduksi dan produk), dan pasca panen.

Direktur Polbangtan Manokwari Purwanta menyampaikan, pencapaian akreditasi Sinta 3 merupakan hal yang luar biasa.

“Jurnal Triton ini memperoleh akreditasi terbaik se Polbangtan dari sisi publikasi Jurnal Ilmiah,” ungkap Purwanta

“Artinya di timur ini kita bisa apabilah kita fokus dan sungguh-sungguh dalam menjalankan amanah yang telah diberikan. Karena apabila kita fokus dalam mengerjakan sesuatu tentu akan memberikan outcame yang jelas” tambahnya

Bangkit Lutfiaji Syaefullah yang mengelolah publikasi pada jurnal triton menyampaikan bahwa akan terus berbenah untuk dapat menjadi media penyebarluasan ilmu yang profesional di bawah Polbangtan Manokwari.

“Sampai saat ini sudah menerbitkan sebanyak 12 Volume,” ujar Bangkit

“Pada Tahun 2019, Jurnal Triton mulai berbenah untuk mengajukan Akreditas SINTA sehingga mulai untuk melakukan indeksasi baik nasional maupun internasional serta pengajuan e ISSN,“ tambahnya

Ia pun menjelaskan, Jurnal Triton pada Tahun 2020 akhirnya mendapatkan e ISSN dari LIPI dengan nomor SK 0005.27453650/JI.3.1/SK.ISSN/2020.09, selanjutnya terindekasi oleh Portal Garuda (Kemdikbud), Crossref, Google Scholar, Orcid ID, One Search (Perpusnas), Mendeley, PKP Index, InfoBase Index, ROAD, Copernicus, Dimension, BASE, Reviewercredit, Scilit, Journal Factor dan Directory of Researchs Journal Indexing, sehingga ada total 16 indekasi.