Launching Gelar Pasar Murah Bawang Putih & Cabai

Launching Gelar Pasar Murah Bawang Putih & Cabai

Yogyakarta, beritatani.com – Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menggelar Launching Gelar Pasar Murah Bawang Putih dan Cabai di kota Surakarta pada tanggal 13 Februari 2020 dan dilaksanakan di 5 (lima) pasar di Surakarta yaitu: Pasar Gede, Pasar Nusukan, Pasar Rejosari, Pasar Harjodaksino dan Pasar Gading serta Toko Tani Indonesia Center D.I. Yogyakarta.

Gelar pasar murah ini untuk menjawab isu-isu yang terjadi akhir-akhir ini dengan tren kenaikan harga bawang putih dan cabai yang cukup tinggi. Harga Bawang Putih eceran di Pasar mencapai Rp40.000/Kg s.d Rp50.000/Kg, bahkan di beberapa wilayah ada yang mencapai Rp60.000/kg Harga Cabai Rawit Merah (CRM) eceran sempat mencapai Rp100 000/Kg, dan Cabai Merah Keriting eceran sempat mencapai Rp80.000/kg.

SYL menegaskan bahwa tujuan dari Gelar Pasar Murah adalah untuk menurunkan harga, oleh sebab itu perlu dilakukan penambahan pasokan Bawang Putih dan Cabai ke pasar. Penambahan pasokan bawang pútih ini dilakukan dengan mengeluarkan stok bawang putih yang ada di importir, sedangkan untuk pasokan Cabai Rawit Merah (CRM) didatangkan dari Kalimantan Selatan, Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, dan Cabai Merah Keriting (CMK) dari Sumatera Barat, Bengkulu dan Jawa Tengah.

Halaman Berikutnya…

 

Privacy Preference Center

%d bloggers like this: