Dilepas Serentak, Komoditas Pertanian asal Sumut Berangkat ke 21 Negara

Dilepas Serentak, Komoditas Pertanian asal Sumut Berangkat ke 21 Negara

Belawan, beritatani.com – Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan melepas ekspor 25 jenis komoditas pertanian seberat 3,6 ribu ton asal Sumatera Utara (Sumut) dengan nilai Rp. 86,3 miliar ke 21 negara sekaligus.

Tidak hanya Asia namun juga negara-negara di benua Amerika, dan Eropa juga di Timur Tengah turut menjadi tujuan dari komoditas asal Sumut ini.

“Produksi berlimpah, pasar global terbuka. Dan sektor pertanian di Sumut terus bekerja dan alhamdulilah mampu ekspor,” kata Kepala Karantina Pertanian Belawan , Hasrul saat melepas ekspor produk pertanian dari 9 pintu utama secara daring bersama Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red) di Pelabuhan Belawan, Sumut, Jumat (30/4).

Baca Juga: Pejabat Karantina Kupang, Awasi Pemuatan 41 ekor Kerbau dan Ternak Lainnya

Baca Juga: Pastikan Aman dan Layak Konsumsi, Pejabat Karantina Periksa 5,5 Ton Telur Ayam

Menurut Hasrul, hal ini patut disyukuri mengingat dalam semua kondisi serba terbatas akibat wabah pandemi Covid-19, seluruh sektor pertanian di Sumut tetap bekerja bahu membahu untuk penuhi pasokan pangan dan bahkan dapat ekspor.

Ia juga menyebutkan, komoditas berkualitas ekspor ini telah dilakukan pemeriksaan karantina sehingga dipastikan memenuhi persyaratan teknis sanitari dan fitosanitari negara tujuan. Pihaknya memberikan sertifikat kesehatan Pyhtosanitary Certificate(PC) untuk komoditas tumbuhan yang dilepas hari ini.

Baca Juga: Nantikan Kupas Tuntas Peran Strategis Pendidikan Vokasi Pertanian di Tegah Pandemi Covid-19

Baca Juga: Dara Cantik Petani Milenial

Halaman Berikutnya…

 

Privacy Preference Center

%d bloggers like this: