Jamin kesehatan Daging Celeng Tujuan Ragunan, Karantina Pertanian Pasang Segel pakai GPS pada Alat Angkut

Jamin kesehatan Daging Celeng Tujuan Ragunan, Karantina Pertanian Pasang Segel pakai GPS pada Alat Angkut

Bandar Lampung, beritatani.com – Peningkatan inovasi pelayanan berbasis teknologi informasi terus ditingkatkan oleh Badan Karantina Pertanian terutama dalam memantau lalulintas daging celeng asal Sumatra yang akan dibawa ke Kebun Binatang Ragunan, Jakarta (27/05).

Segel berbasis GPS ini terus digunakan untuk memudahkan pejabat karantina dalam pengawasan terhadap lalu lintas daging celeng yang rawan untuk diselewengkan. Sebanyak 3,5 Ton daging celeng asal Bengkulu siap dilalulintaskan menuju Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan sebagai bahan pakan satwa. Setelah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Bengkulu serta dilakukan tindakan karantina, daging celeng yang dibawa menggunakan truck pendingin ini dipasangkan segel berbasis GPS.

Baca Juga: MAHASISWA PKL II DAN PENDAMPINGAN MEMBANTU MENGIDENTIFIKASI MASALAH HAMA PADA TANAMAN PADI SAWAH

Baca Juga: Empat Skema Insentif bagi Petani dan Nelayan untuk Jaga Ketersediaan Bahan Pokok

Untuk selanjutnya Karantina Pertanian Lampung Wilker Bakauheni dapat secara langsung memonitor keberadaan alat angkut daging celeng tersebut hingga sampai di tempat pengeluaran melalui GPS.

Saat alat angkut termonitor tiba di Wilker Bakauheni, Pejabat Karantina Pertanian Lampung langsung dapat melakukan pemeriksaan dokumen berupa berita acara serah terima dari Medik Veteriner Karantina Pertanian Bengkulu, sertifikat veteriner, dan izin pengeluaran. Pemeriksaan fisik dilakukan terhadap kelayakan alat angkut, suhu serta kondisi segel.

Setelah hasil pemeriksaan dinyatakan kebenaran dan kesesuaianya kemudian oleh Pejabat Karantina Pertanian Lampung diterbitkan sertifikat Sanitasi Produk Hewan (KH12).

Baca Juga: Warga Dihebohkan Penemuan Sosok Mayat Dalam Kandang Ayam di Purwakarta

Baca Juga: Mentan SYL Panen Raya Bawang Merah di Bima NTB

 

Privacy Preference Center

%d bloggers like this: