Mahasiswa Polbangtan Manokwari Kembangkan Olahan Kelapa Jadi Minyak Yang Berkhasiat

Mahasiswa Polbangtan Manokwari Kembangkan Olahan Kelapa Jadi Minyak Yang Berkhasiat

beritatani.com – Kementerian Pertanian (Kementan) menginisiasi Program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) sebagai upaya peningkatan produksi pertanian, termasuk didalamnya bidang perkebunan. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyebutkan, “Kementan menargetkan peningkatan tujuh komoditas perkebunan, antara lain kopi, kakao, kelapa, jambu mete, lada, pala dan vanili di seluruh sentra produksi.”

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menjabarkan, selain mengoptimalisasikan peran kostratani. Kostratani sebagai Pusat Pengembangan SDM 2,5 juta Petani Pengusaha Milenial.

Salah satu wadah untuk mencetak para Petani Pengusaha Milenial yakni dengan terus meningkatkan mutu lulusan Politeknik Vokasi Petanian Kementan, baik Politeknik Pembanguan Pertanian (Polbangtan) maupun Politeknik Enginering Pertanian Indonesia (PEPI) yang tersebar di 7 kota.

Baca Juga: Petani dan Penyuluh Siap Dukung Kostratani dalam Pembangunan Pertanian

Baca Juga: NTB akan Swasembada Telur

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), Purwanta berharap lulusan Polbangtan mampu menjadi job creator. “Kami memfasilitasi para lulusan dengan berbagai latar belakang. Dengan merancang kurikulum yang mengedepankan praktik, lulusan Polbangtan Manokwari dapat menjadi lulusan yang unggul baik dari segi hard skill maupun soft skill,” kata Purwanta pada Rabu (22/7).

Learning From Home (LFH) tidak menghambat para generasi tani milenial Polbangtan Manokwari untuk terus berinovasi. Generasi tani milenial Manokwari tak segan untuk kembangkan minyak kelapa asli Biak, Papua warisan leluhur.

Marshello, putra daerah Biak menjelaskan manfaat dari minyak kelapa tradisi masyarakat Biak. Minyak kelapa ini bagus untuk dijadikan sebagai kebutuhan rumah tangga sepeti minyak goreng ataupun minyak rambut. “Cocok juga digunakan untuk masker biar glowing kaya artis korea,” kelakar Mahasiswa Program Studi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan Polbangtan Manokwari (TPTP) Tingkat Dua Polbangtan Manokwari. “Cara pembuatan minyak kelapa yang kami produksi seperti yang Mama-Mama Biak lakukan,” sebut Maurid Matias Inggamer, Mahasiswa Prodi TPTP Tingkat Satu. Apa yang telah dikembangkan oleh Mahasiswa Polbangtan Manokwari mendukung peningkatan nilai jual kelapa tidak hanya untuk pasar dalam negeri tapi juga pasar mancanegara.

Baca Juga: Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Polbangtan Manokwari Peduli Bencana Alam

Baca Juga: Plh Bupati Manokwari Serahkan Benih Padi Unggul pada Petani dan Penyuluh Tuk Topang Ketahanan Pangan

 

Privacy Preference Center

%d bloggers like this: