Petani dan Penyuluh Siap Dukung Kostratani dalam Pembangunan Pertanian

Petani dan Penyuluh Siap Dukung Kostratani dalam Pembangunan Pertanian

Manokwari, beritatani.com – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) memberikan arahan kepada seluruh insan pertanian untuk menyediakan pangan bagi 267 juta jiwa masyarakat Indonesia. Salah satu program utama Kementerian Pertanian (Kementan) adalah Kostratani.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menjabarkan Komando Strategsi Pertanian (Kostratani) adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan. Melalui Progam Kostratani dilakukan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dengan memanfaatkan IT dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Baca Juga: NTB akan Swasembada Telur

Baca Juga: Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Polbangtan Manokwari Peduli Bencana Alam

Berdasar pada arahan Kepala BPPSDMP, sosialisasi Program Kostratani terselenggara di BPP Prafi, Manokwari, Papua Barat pada Selasa (21/7). Penanggung Jawab Supervisi Pembangunan Pertanian Papua Barat, menyebutkan “Kostratani menjadi Program Unggulan Kemenentrian Pertanian dimana Kepala BPPSDMP menjadi penanggung jawab nasional program ini, dari Papua Barat, bersama petani dan penyuluh kami siap mendukung pembangunan pertanian nasional.”

Purwanta yang merupakan Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari memberikan apresiasi yang sangat besar atas dukungan pemerintah provinsi, kabupaten/kota dimana penyuluh dan insan pertanian lainnya mau bersama sama mendorong kegiatan pertanian di tingkat kecamatan sesuai tujuan Kostratani.

Harapannya dapat terus bersinergi dalam menyelesaikan setiap permasalahan pertanian yang saat ini terjadi. Peningkatan SDM pertanian dan pemanfaatan teknologi diharapkan dapat mendorong produktifitas pertanian dan mendorong eksport.

Dukungan dalam membangun pertanian, juga terlontar dari Kepala BPP Prafi, Djaka Mastuti, “BPP Prafi mendukung Program Kostratani dengan menjadikan BPP sebagai pusat data. Dengan menyediakan data yang baik diharapkan dapat mendukung kebijakan di bidang pertanian semakin baik”.

Turut hadir dalam Kegiatan Sosialisasi Program Kostratani Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Manokwari, Kepala BPTP Papua Barat, Kepala Distrik Prafi, Kepala BPP Prafi, Kepala BPP Masni, Kepala Kampung Udapi Hilir, dan Kepala Bidang PSP Manokwari.

Baca Juga: Polbangtan Manokwari Seleksi Calon Mahasiswa Baru 2020 Secara Virtual

Baca Juga: Plh Bupati Manokwari Serahkan Benih Padi Unggul pada Petani dan Penyuluh Tuk Topang Ketahanan Pangan

 

Privacy Preference Center

%d bloggers like this: