Porang Raksasa Sibolga Kuasai Pasar Ekspor di Tiga Negara

Porang Raksasa Sibolga Kuasai Pasar Ekspor di Tiga Negara

Sibolga, beritatani.com – Porang (Amorphophallus oncophyllus) yang banyak tumbuh liar di kawasan hutan di Sibolga, Tapanuli Tengah kini telah menjelma menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan asal Sumatera Utara (Sumut) yang laris di tiga negara, yakni Cina, Thailand dan Vietnam.

Dari data pada sistem perkarantinaan IQFAST di Karantina Pertanian Belawan tercatat fasilitasi ekspor ke tiga negara selama periode semester I/2020 tercatat 362 ton dengan nilai barang Rp. 7,2 milyar. Sementara disepanjang ditahun 2019 hanya berhasil membukukan 8,8 ton dengan nilai barang Rp. 93 juta dan dengan tujuan ekspor Cina saja.

Baca Juga: Berkat Program Sikomandan, Kebuntingan Sapi dan Kerbau di Sumut Lewati Target

Baca Juga: Ekspor Sabut Kelapa Lampung Makin Melesat

“Sinergisitas dengan berbagai pihak kita lakukan sejak tahun lalu, alhamdulilah telah menbuahkan hasil meningkatnya volumen dan tujuan negara ekspor untuk komoditas porang Sibolga ini,” kata Kepala Karantina Pertanian Belawan, Hasrul melalui keterangan tertulisnya, Selasa (23/6).

Menurut Hasrul, porang (Amorphophallus oncophyllus) biasa disebut Atturbung didaerahnya memiliki keunggulan bentuknya yang besar. Rata-rata memiliki berat hingga 50-100 kilogram dan inilah yang menjadi daya tarik bagi para importir asal tiga negara tersebut, ukurannya yang raksasa, imbuh Hasrul.

Para calon pembeli asal luar negeri saat melakukan kunjungan ke lahan petani porang di Sibolga juga mendapat pendampingan dari pejabat Karantina Pertanian Belawan. Hal ini guna memastikan seluruh persyaratan teknis dalam protokol ekspornya dapat dipenuhi nantinya.

“Kini setelah ekspor berjalan, komoditas raksasa ini sangat diminati industri pengolahan makanan dinegara tujuan, selain bentuknya yang besar juga karena memiliki serat yang tinggi dan kandungan glukomanannya hingga 45-50%,” tutur Hasrul.

Baca Juga: Seekor Anjing Ditolak Masuk Semarang

Baca Juga: Karantina Pertanian Lampung Dukung Program Gerakan Percepatan Olah Tanah dan Olah Lahan (GPOT) Padi

Halaman Berikutnya…

 

Privacy Preference Center

%d bloggers like this: