BBPKH CINAGARA MENCETAK OPERATOR UNGGAS YANG PROFESSIONAL DALAM TEKNIK PENYEMBELIHAN HALAL

BBPKH CINAGARA MENCETAK OPERATOR UNGGAS YANG PROFESSIONAL DALAM TEKNIK PENYEMBELIHAN HALAL

beritatani.com – Tuntutan kebutuhan industri bidang produksi ternak unggas menghendaki tenaga kerja yang profesional dan berstandar, karena itu diperlukan tenaga kerja yang kompeten dalam okupasi bidang produksi ternak unggas. Terdapat 29 (dua puluh sembilan) okupasi bidang produksi ternak unggas yang terbagi dalam level manajer, kepala unit, supervisor, mandor dan operator.

Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara pada tanggal menyelenggarakan Pelatihan Vokasi Operator Perunggasan dari tanggal 1 – 7 Maret 2020 sebanyak 30 orang peserta dari berbagai farm di wilayah Provinsi Jawa Barat. Unit Kompetensi yang harus dimiliki seorang operator perunggasan terdiri atas dua kompetensi inti (Menerapkan Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Melakukan Biosekuriti) dan tiga kompetensi pilihan (Menerapkan Teknik Penyembelihan Unggas, Melakukan Prosesing Unggas Sembelihan dan Melakukan Pascapanen Daging Unggas).

Baca Juga: MENGELOLA UNGGAS PEDAGING PERIODE STARTER

Baca Juga: PROSPEK PENGOLAHAN PRODUK HASIL PETERNAKAN

Kompetensi penerapan teknik penyembelihan unggas secara halal yang harus dikuasai meliputi materi higiene sanitasi, menyiapkan peralatan penyembelihan, teknik penyembelihan, memeriksa kelayakan proses penyembelihan dan menetapkan status kematian. Pada penyajian materi teknik penyembelihan halal ini, langsung dilakukan praktek penyembelihan unggas di Rumah Pemotongan Unggas (RPU) BBPKH Cinagara. Peserta pelatihan sangat antusias melakukan praktek penyembelihan, yang selama ini tidak pernah dialami. Kompetensi penyembelihan halal menambah keterampilan operator unggas selain produksi hewan unggas namun mampu dalam penyediaan karkas unggas.

Baca Juga: Penjelasan Kementan Tentang Hoax Ayam Diberi Hormon Pertumbuhan

Kontributor : Dwi windiana

 

Privacy Preference Center

%d bloggers like this: