Siaga Covid-19, Karantina Pertanian Amankan Produk Pertanian Ilegal di Sejumlah Daerah

Jakarta, beritatani.com – Meski saat ini Indonesia dilanda wabah virus corona (Covid-19), namun Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) terus melalukan peningkatan pengawasan terhadap lalu lintas pertanian dan produk turunannya.

Dari data pengawasan dan penindakan (wasdak) di bidang Kepatuhan Perkarantinaan tercatat selama triwulan I tahun 2020 sebanyak 2.657 kali penindakan penahanan, penolakan hingga pemusnahan. Terjadi peningkatan sebesar 28% dari periode yang sama di tahun 2019, yang hanya berjumlah 1.920 kali.

Baca Juga: Patuhi Edaran Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat, Direktur Polbangtan Manokwari Wajibkan Seluruh Sivitas Polbangtan Manokwari Memakai Masker

Baca Juga: Hari Ini, Kementan Perluas Toko Mitra Tani di Bekasi

“Tindakan ini merupakan hasil pengawasan unit pelaksana teknis karantina pertanian diseluruh Indonesia bersama dengan aparat keamanan baik Polri, TNI dan instansi kepabeanan, ” kata Ali Jamil, Kepala Badan Karantina Pertanian di Jakarta, Minggu (12/4/2020).

Menurutnya, dalam melakukan kewasdakan pihaknya meningkatkan kerjasama dengan instansi terkait. Ada saja pihak-pihak yang memanfaatkan situasi serba terbatas ini, jelasnya.

Baca Juga: Permudah Distribusi Pangan, Mentan SYL Launching Pasar Mitra Tani di Bekasi

Halaman Berikutnya…

 

Privacy Preference Center