Jokowi Resmikan Pabrik Gula JBM Bombana, Amran Sulaiman dan SYL Turut Hadir

Makasar, beritatani.com – Presiden Joko Widodo lawatan di Sulawesi Tenggara dalam rangka meresmikan pabrik gula milik swasta, PT Johnlin Batu Mandiri di Kabupaten Bombana.

Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi meninjau lokasi panen tebu sekaligus meresmikan pabrik gula di kabupaten tersebut yang merupakan salah satu pabrik gula dengan jumlah produksi terbesar di Indonesia.

Presiden disambut Andi Amran Sulaiman, mantan menteri pertanian di era pertama pemerintahan Jokowi.

Sejumlah menteri juga hadir mengawal Presiden Jokowi, salah satunya Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo.

PT JBM Bombana, Sulawesi Tenggara merupakan pabrik gula canggih pertama milik pribumi, pabrik gula ini memiliki teknologi canggih dengan produksi sangat besar, yakni 12.000 TCD.

“Iya betul, ini menjadi salah satu kebanggaan karena kami merupakan pabrik gula pertama milik asli pribumi dengan kapasitas 12.000 TCD,” ujar Arief, direktur utama PT JBM.

Saat ini pabrik gula ini sudah menggunakan teknologi canggih yang didukung outomatisasi sehingga mampu menghasilkan produk dengan Incumsa di bawah 100 UI dan total Losis di bawah 1.8 pol gula.

“Dengan kapasitas produksi sebesar itu, kami berkomitmen akan bisa memenuhi kouta gula Indonesia bagian timur dengan harga di bawah HET sehingga masyarakat mampu menikmati harga gula yang wajar,” ujarnya.

Menurut Arief, keberadaan JBM juga mampu mengangkat harkat dan kesejahteraan warga serta menciptakan lapangan kerja di tengah ancaman resesi ekonomi dan banyaknya PHK.

“Di tengah ancaman resesi ekonomi dan banyaknya PHK, JBM justru mampu terus memberi sumbangsih bagi ekonomi Indonesia dan mampu mempekerjakan warga lokal,” pungkasnya.

Halaman Berikutnya…

 

Privacy Preference Center