Karantina Pertanian Kupang Musnahkan Komoditas Pertanian Tak Layak Konsumsi

Karantina Pertanian Kupang Musnahkan Komoditas Pertanian Tak Layak Konsumsi

Kupang, beritatani.com – Berada di pintu terdepan dalam menjaga kelestarian sumber daya alam (SDA) Indonesia agar tetap bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dan Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) tidaklah mudah. Berpegang pada undang-undang nomor 21 tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, membuat para Pejabat Karantina Pertanian di lapang pantang mundur. Komoditas yang dilalulintaskan tidak semuanya memenuhi persyaratan pemasukan komoditas pertanian, salah satunya pemasukan komoditas pertanian ke wilayah NTT, khususnya Pulau Timor.

Banyak komoditas pertanian yang dibawa oleh penumpang pesawat dari negara Timor Leste tidak dilengkapi dokumen karantina dari negara asal. Tak hanya itu, sebagian komoditas justru dilarang pemasukannya ke wilayah Republik Indonesia dari negara Timor Leste, seperti daging babi dan olahannya. Pelarangan pemasukan ini dikarenakan wilayah negara Timor Leste sudah terserang penyakit African Swine Fever (ASF) dan untuk mencegah penyebarannya secara meluas di wilayah NTT. Tak jarang dalam menjalankan tugas pejabat Karantina Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang melakukan penahanan terhadap barang tentengan penumpang tersebut.

Baca Juga: Kementan: Penyerapan Ayam Ras Peternak Mandiri oleh Integrator Mulai Berjalan

Baca Juga: Jamin Bahan Pangan yang Tersedia Bebas dari Hama Penyakit Karantina

Drh. Susanto Nugroho, M.Si selaku dokter hewan karantina sekaligus Koordinator Fungsinal Karantina Hewan di Karantina Pertanian Kupang menjelaskan, “Komoditas yang masuk tanpa disertai sertifikat kesehatan dari negara asal ini memiliki dampak dan resiko terbawanya berbagai penyakit hewan maupun tumbuhan. Bukan hanya itu, kemungkinan adanya cemaran E. coli dan Salmonella pada komoditas tersebut bisa saja terjadi, terutama untuk komoditas daging dan olahannya.”

Baca Juga: Standart Prosedur dalam Beternak untuk mencegah covid 19 dalam menghasilkan protei hewani yang bermanfaat di tengah pandemi covid 19

Baca Juga: Domba Gembel Rote Siap Penuhi Kebutuhan Daging di Kabupaten Kuningan

Halaman Berikutnya…

 

Privacy Preference Center

%d bloggers like this: