Pengelolaan Istirahat Kandang Ayam

Pengelolaan Istirahat Kandang Ayam

Penulis:
Dayat Hermawan
Widyaiswara BBPKH Cinagara

Banyak peternak yang masih meremehkan masa istirahat kandang yang terlalu singkat, karena yang ideal adalah ada jeda waktu optimal. Istirahat kandang adalah waktu yang dibutuhkan mulai dari selesai panen sampai dengan kandang siap digunakan.

Istrirahat kandang terbukti sangat efektif dalam mengurangi mikroorganisme patogen (merugikan) sebagai bibit penyakit yang ada di sekitar ayam.  Istirahat kandang minimal dilakukan selama 2 minggu (14 hari) dihitung setelah kandang sudah dalam keadaan bersih dan didisinfeksi.

Baca Juga: Menjaga Lingkungan Budidaya Di Areal Peternakan Ayam

Baca Juga: Labu Indonesia tembus Pasar Malaysia

Dengan berpegang pada teori bahwa jika bibit penyakit tidak mendapatkan induk semang atau hospes atau tempat menempel serta lingkungan yang sesuai, maka lama-kelamaan bibit penyakit tersebut akan mati atau setidaknya kemampuan menyerang hospes ayam akan lemah. Di sini lah tujuan istirahat kandang yang sebenarnya, sehingga bibit penyakit dapat ditekan seminimal mungkin. Selain dengan istirahat kandang, perlu disukung dengan sanitasi dan desinfeksi secara ketat.

Istirahat kandang juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam. Sebagai contoh ayam broiler yang dipelihara tanpa masa istirahat kandang, memiliki daya tahan tubuh yang rendah dibanding dengan ayam yang dipelihara dengan istirahat kandang selama 3 minggu (21 hari).

Baca Juga: Manfaat Hijauan Pakan Ternak Untuk Pakan Unggas

Halaman Berikutnya…

 

Privacy Preference Center

%d bloggers like this: