Sarang Burung Walet Lampung Merambah Ke Berbagai Daerah dan Pasar Ekspor

Bandar Lampung, beritatani.com – Situasi Pandemi Corona Virus saat ini, Sarang burung walet (SBW) asal Lampung tetap menjadi andalan genjot perekonomian menuju pasar ekspor.

Berdasarkan data Badan Karantina Pertanian (Barantan), di Indonesia terdapat 18 provinsi penghasil SBW dengan potensi lebih dari 800 unit rumah walet per provinsinya, dan sebanyak 520 rumah walet yang telah diregistrasi oleh Barantan.

Propinsi Lampung yang merupakan daerah potensial disektor pertanian juga memiliki keunggulan pada komoditas sarang burung walet.

Komoditas SBW asal Lampung ini setiap hari nya dikirim keberbagai daerah di Indonesia diantaranya adalah Jakarta, Surabaya, Bojonegoro, Malang, Semarang maupun Kalimantan.

Baca Juga: Anak yatim Buruh Giling Jagung Tertumpah Air Panas

Baca Juga: Jamin kesehatan Daging Celeng Tujuan Ragunan, Karantina Pertanian Pasang Segel pakai GPS pada Alat Angkut

Berdasarkan data Iqfast Karantina Pertanian Lampung pada tahun 2019 pengiriman SBW asal Lampung mencapai 27.776 kg dengan frekuensi pengiriman 1.042 Kali. Sedangkan pada untuk periode Januari hingga Mei 2020 sebanyak 25.352 kg dan 424 kali pengiriman.

“Tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi provinsi Lampung termasuk pemerintah daerah serta para pelaku usaha untuk dapat mendirikan rumah pengolahan SBW sendiri agar ekspor komoditas berpotensi ekspor ini dapat langsung melalui Lampung tanpa harus melalui daerah lain”,ujar Muh.Jumadh, Kepala Karantina Pertanian Lampung.

Muh.Jumadh juga berharap bila ekspor SBW ini dapat dilakukan langsung dari Lampung tentu juga akan mendongkrak perekonomian daerah.

Semoga harapan bersama ini akan segera terwujud dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca Juga: MAHASISWA PKL II DAN PENDAMPINGAN MEMBANTU MENGIDENTIFIKASI MASALAH HAMA PADA TANAMAN PADI SAWAH

Baca Juga: Empat Skema Insentif bagi Petani dan Nelayan untuk Jaga Ketersediaan Bahan Pokok

 

Privacy Preference Center