Peringatan Hari Susu, Momentum Tingkatkan Konsumsi Susu Masyarakat Indonesia

beritatani.com – Saat ini di tengah pandemi Covid-19 asupan makanan dan minuman yang bergizi tinggi sangat diperlukan untuk memperkuat daya tahan tubuh, salah satunya melalui konsumsi susu. Mengingat banyaknya manfaat yang diperoleh melalui susu,Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) sejak tahun 2001 menetapkan tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Susu Dunia (World Milk Day).

Peringatan ini dimaknai untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mengonsumsi susu setiap hari. Kegiatan ini menjadi acara tahunan di banyak negara di dunia. Indonesia pun turut serta merayakan Hari Susu Dunia sejak tanggal 1 Juni 2009 melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 2182/KPTS/PD.420/5/2009, dengan tajuk Hari Susu Nusantara.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Ketut Diarmita menyampaikan momentum Hari Susu Nusantara ini tentang pentingnya masyarakat untuk terus mengonsumsi susu namun berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia tahun 2019 masih berkisar 16,23 kg/kapita/tahun.

Baca Juga: Sarang Burung Walet Lampung Merambah Ke Berbagai Daerah dan Pasar Ekspor

Baca Juga: Anak yatim Buruh Giling Jagung Tertumpah Air Panas

“Konsumsi susu di Negara kita masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain,”katanya saat diwawancarai pada Senin (1/06/20).

Ia juga mengatakan secara umum susu banyak memiliki manfaat untuk pertumbuhan yaitu untuk regenerasi sel, menguatkan tulang dan gigi, menyokong pertumbuhan fisik, meningkatkan kecerdasan, mampu mencegah stunting pada anak-anak serta meningkatkan imunitas tubuh sehingga meminimalisir potensi terinfeksi agen penyakit.

“Di masa pandemi Virus Covid-19 saat ini, konsumsi susu menjadi penting untuk peningkatan imunitas tubuh yang merupakan salah satu cara untuk meminimalisir potensi terinfeksi agen penyakit,”ucap Ketut.

Baca Juga: Jamin kesehatan Daging Celeng Tujuan Ragunan, Karantina Pertanian Pasang Segel pakai GPS pada Alat Angkut

Baca Juga: MAHASISWA PKL II DAN PENDAMPINGAN MEMBANTU MENGIDENTIFIKASI MASALAH HAMA PADA TANAMAN PADI SAWAH

Halaman Berikutnya…

 

Privacy Preference Center