World Milk Day 2020 POTRET SURAM PETERNAK SAPI PERAH

World Milk Day 2020
POTRET SURAM PETERNAK SAPI PERAH

M. Chairul Arifin

beritatani.com – Persusuan ditanah air menghadapi hal yg dilematis. Disatu sisi menghadapi impor bahan baku yg besar sampai 80% dari kebutuhan, dan disisi lainnya produksi sapi perah rakyat hanya berkontribusi 20%. Tetapi impor yg dilakukan itu berupa bahan baku susu bukan berupa susu cair, yaitu skim milk powder, whole milk powder, butter milk powder, anhydrous milk fat, dan lactose yang dijadikan menjadi susu bubuk dan Susu Kental Manis oleh Industri Pengolahan Susu. Impor ini menyedot devisa kita Rp. 11 trilyun setiap tahunnya.

Baca Juga: Peringatan Hari Susu, Momentum Tingkatkan Konsumsi Susu Masyarakat Indonesia

Baca Juga: Sarang Burung Walet Lampung Merambah Ke Berbagai Daerah dan Pasar Ekspor

Produksi susu segar vs impor

Jadi sangat ironis ditengah kita mengembangkan sapi perah rakyat yg jumlahnya 600. O00 ekor itu dan menghasilkan susu segar dihantui dengan impor bahan baku susu yg menghasilkan susu bubuk dan Susu Kental Manis.

Pemasaran susu segar ini ternyata betsifat oligopsoni dan monopoli Hampir seluruh susu segar yg dihasilkan oleh peternak rakyat diserap oleh IPS dg persyaratan ketat. Sehingga ada kalanya susu segar rakyat tersebut terbuang sayang karena tidak memenuhi standar. Resiko ini menjadi keseharian para peternak sapi perah di sentra² produksi di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat dan mennjadi potret buram tentang kelanjutan usaha sapi perahnya. Memang sudah ada wadah koperasi yg menyalurkan susu segar ke IPS yg banyak membantu menaikkan kualitas susu segar, namun sifat pemasaran yg monopolistic itu menyebabkan peternak tidak punya alternatif pasar lainnya selain ke IPS. Susu segar tersebut selanjutnya diproses oleh IPS jadi produk susu cair olahan, dan sebagian jadi susu bubuk atau susu kental manis.

Baca Juga: Anak yatim Buruh Giling Jagung Tertumpah Air Panas

Baca Juga: Jamin kesehatan Daging Celeng Tujuan Ragunan, Karantina Pertanian Pasang Segel pakai GPS pada Alat Angkut

Halaman Berikutnya…

 

Privacy Preference Center

%d bloggers like this: