SEMAI SERENTAK TANAMAN PADI SAWAH BERSAMA PETANI DI KAMPUNG DESAY DI DISTRIK PRAFI KABUPATEN MANOKWARI PROVINSI PAPUA BARAT

SEMAI SERENTAK TANAMAN PADI SAWAH BERSAMA PETANI DI KAMPUNG DESAY DI DISTRIK PRAFI KABUPATEN MANOKWARI PROVINSI PAPUA BARAT

beritatani.com – Semai adalah beni yang tumbuh ( sudah berkecambah) yang akan ditanam lagi sebagai bibit ditempat lain salahh satunya yaitu Padi Sawah yang tumbuh ditempat yang berawa. Pada Bulan juni mendatang kampung desay melakukan semai serentak benih padi secara manual yaitu dengan cara tabur secara biasa di atas bedengan.

Lahan yang telah terlebih dahulu dibersikah dan dibajak, dibuat bedengan dengan berukuran lebar 1m dan panjang 5m dengan tujuan agar akar tanaman padinya tidak patah saat menggunakan sistem tanam secara manual.

“Petani di kampung desay menggunakan 2 teknis persemaian yaitu semai secara manual dan semai menggunakan Mulsa sebagai alas persemaian. Tetepi yang sering sekali digunakan yaitu dengan cara menyemai dengan cara manual,” Kata Anggota Poktan srimakmur 2 ,Bapak Supriono.

Baca Juga: Jaga Kualitas Keamanan dan Distribusi Pangan, Karantina Pertanian Lampung Lakukan Operasi Patuh Selama Lebaran

Baca Juga: Taruna Tani Kampung Desay tetap Produktif dan Inovatif di tengah pandemi Covid-19

Benih yang direndam dahulu menggunakan air garam untuk menyeleksi benih yang baik serta menghilangkan jamur yang terdapat pada benih itu. Kemudian Benih di semai diatas bedengan. Yang kemudian akan ditaman dengan menggunakan mesin transplenter,” Sebut Penyuluh swadaya Kampung desay tersebut.
Menurutnya Keuntungan , Dari semai secara manual yaitu Hemat Biaya dan mudah dicabut saat akan ditanam menggunakan mesin dibandingkan dengan persemaian baki Kata supriono menjelaskan dalam bulan puasa petani lebih memilh persemaian di pagi hari agar tetap terjaga satamina mereka.

“Sesuai hasil kesepakatan rapat antara poktan dan peyuluh setempat, Walau dalam kondisi pandami covid-19. Musim tamam MT II dikampung desay akan tetap dilaksanakan serentak pada bulan juni 2020,” Ungkap Mahasiswa PKL II dan pendampingan Mega Inseren Padwa.

Mengakui Walau Pandemi covid melanda Tetapi petani tetap setia dan semagat dalam menjalankan tugasnya.

Baca Juga: 50 Paket Sembako Kembali Dibagikan dalam Gerakan Solidaritas KORPRI Cegah Covid-19

Baca Juga: International Day for Families, HARI KELUARGA INTERNASIONAL MOMENTUM MEMBANGKITKAN PERTANIAN KELUARGA

 

Privacy Preference Center

%d bloggers like this: